Rabu, 10 Oktober 2012

Memahami Sistem Jaringan

Tujuan Pembelajaran     :
1.       Memahami jaringan LAN Internet;
2.       Memahami jaringan WAN Internet;
3.       Menjelaskan topologi jaringan LAN;
4.       Menjelaskan model jaringan Internet;
5.       Mengidentifikasi perangkat keras untuk akses Internet;
6.       Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan akses Internet;

A. Sistem Jaringan
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu yang di hubungkan satu dengan yang lain nya menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP/IP).Ciri-ciri jaringan komputer adalah:

  • berbagi perangkat keras (hardware) komputer
  • Berbagi perang lunak (software) komputer
  • Berbagi saluran komunikasi
  • Berbagi data dengan mudah
  • Memudahkan komunikasi antar jaringan

1)      Jaringan Lokal (LAN)
JaringanLAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan yang tidak begitu luas jangakauannya atau hanya bersifat lokal. Atau juga bisa diartikan suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara maisng-masing client maupun anatar client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.
2)      Jaringan Metropolitan (MAN)

Jaringan Metropolitan (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang mencakup area cukup luas, misalnya seluruh kota. Atau juga bisa di sebut jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN tetapi jangkauan nya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN
3).  Jaringan Luas (WAN)
Jaringan luas (Wide Area Network) merupakan jarongan transmisi jarak jauh untuk komunikasi data, informasi suara, gambar atau video. Atau juga bisa disebut jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah geografi yang luas yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun kantor antar cabang.
 4) Topolgi jaringan LAN
Topologi diartikan sebagai hubungan antar-node (komputer). Topologi yang sering digunakan jaringan LAN, yaitu bus, ring, dan star
 5) Model Jaringan Internet
Ada beberapa model jaringan Internet, anatara lain jaringan klien-server dan jaringan ujung ke ujung (peer-to-peer network)
Perangkat keras untuk akses Internet adalah modem dan jaringan telepon. Beberapa komponen hardware tambahan pada jaringan Local Area Network (LAN) adalah hub, kabel dan konektor nya, repeater, bridge, serta router.
Kecepatan transfer data merupakan sebuah peranan penting dalam ber-internet. Faktor-fator yang memengaruhi kecepatan akses Internet, antara lain:
o   Modem yang digunakan
o   Komputer yang digunakan
o   Kualitas line telepon
o   Jumlah pengakses
o   Jumlah pengakses internet dari ISP yang di guanakan
o   Kecepatan akses server ke Internet



Tidak ada komentar:

Posting Komentar